Adat Nan Taradat Minagkabau

Baralek Gadang

Here it is, the mother of Minangkabau
Here it is, the mother of Minangkabau

Upacara perkawinan atau dikenal sebagai “ Baralek “ di Minangkabau, adalah salah satu peristiwa penting dalam kehidupan. Seorang pemuda atau pemudi yang telah siap lahir bathin dan sudah cukup umur, dianjurkan untuk menikah. Upacara pernikahan yang dibicarakan di sini adalah upacara pernikahan di Kenegarian Pagaruyuang, Batusangkar, Sumatera Barat.Read more ..

Pernikahan bukan hanya sekedar penyatuan antara Pengantin laki-laki ( Marapulai ) dengan Pengantin perempuan ( Anak Daro ), namun juga awal terbentuknya ikatan kekerabatan antara Keluarga Marapulai dan Anak Daro . Bentuk ikatan kekerabatan disini adalah seperti Ipa Bisan, Sumando Pasumandan, atau Minantu Mintuo.

Dengan ikatan perkawinan ini, seorang laki-laki kan meningkat peranan dan statusnya dari Bujang menjadi Dewasa, anak menjadi Bapak, atau kemenakan menjadi Mamak. Begitupun pada seorang perempuan, dari gadis menjadi Ibu ( Bundo Kanduang ).

Berikut di bawah ini adalah Tata Upacara Perkawinan di kenegarian Pagaruyuang

a. Menjejaki Calon Minantu :

Yaitu proses mencari Calon minantu yang baik bagi putra atau putrinya.

Proses penjajakan ini dilakukan secara diam-diam tanpa diketahui orang banyak, agar apabila nantinya gagal tidak akan ada yang merasa dirugikan. Namun saat ini saya lihat, tradisi ini sudah jarang dilakukan, biasanya apabila putra atau putri mereka telah menemukan calon yang cocok, dan sudah direstui oleh kedua keluarga, maka pernikahan pun dapat dilakukan. Padahal sebaiknya calon Minantu tersebut harus diselidiki dulu asal usul dan kepribadiannya

b. Meminang :

Atau disebut juga dengan melamar, Di naagari Pagaruyuang, biasanya laki-lakilah yang datang ke rumah perempuan.  Apabila pinangan diterima, maka bisa juga dibicarakan kapan diadakan Baralek dan akad nikahny

c. Pernikahan :

Acara ini dilakukan secara Islam. Bisa dilakukan di mesjid, ataupun di rumah perempuan.

Upacara akad nikah ini dipimpin oleh seorang angku Kadi, dihadiri oleh mamak dan keluarga kedua belah pihak sebagai saksi dari upacara sacral ini.

d.     Kemudian pada beberapa hari selanjutnya, perempuan datang ke rumah laki-laki dengan membawa Sirih yang di dalamya ada Gambir, Pinang, Sadah, dll.Keluarga perempuan juga memberi Tando pada keluarga laki-laki, biasanya berupa gelang dan dipakai oleh Ibu dari laki-laki.Lalu, Sirih tadi pun dimakan oleh dunsanak calon Marapulai tadi.

e.     Anak daro datang ke rumah Marapulai, dengan membawa Nasi Kunyit, Rajik, dan makanan khas daerah Minangkabau lainnya. Anak Daro pun dijamu oleh keluarga Marapulai. Dan Tando yang telah diberikan dulu pada keluarga Marapulai, diambil lagi oleh Anak Daro.

f. Penjemputan Marapulai :

Pada malam hari, yang esok paginya acara Baralek akan dilakukan, Datanglah 2 orang pemuda dari keluarga Anak Daro untuk menjemput Marapulai, kemudian pergilah Marapulai ditemani beberapa orang dunsanaknya dan tentunya juga 2 orang tadi menuju Rumah anak Daro

g. Basandiang :

Inilah yang sehari-hari kita sebut sebagai “ Baralek “. Anak Daro dan Marapulai didudukkan di atas pelaminan, keduanya disandingkan bagai seorang Raja dan permaisurinya. Baralek biasanya diadakan di rumah Anak Daro.

Keluarga Marapulai pun datang dengan membawa Nasi Kawin. Nasi Kawin ini berupa Beras sejumlah 3 cupak yang disebarkan di dalam talam, kemudian di atasnya diletakkan mangkuk yang berisi beras sebanyak 1 cupak, talam ini lalu ditutup dengan Sungkok Nasi  tanpa  dibungkus dengan kain.

Sedangkan anggota keluarga Marapulai lainnya dapat membawa Uang atau ayam. DIsana giliran keluarga Anak Daro-lah yang menjamu keluarga Marapulai.

Talam yang diberikan keluarga Marapulai tadi, dapat diisi lagi dengan berbagai makanan khas minangkabau dan dimasukkan ke dalam Talam tersebut.

Tradisi Basandiang ini dapat dilakukan selama 3 hari, tergantung terhadap kesanggupan dan kesepakatan kedua keluarga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s